Skip to main content

Cara Termudah Hapus Ubuntu yang Dualboot dengan Windows

Ubuntu
Assalamulaikum Wr. Wb
Selamat sore sobat, ini adalah postingan pertama saya, postingan ini saya buat karena atas permintaan teman saya yang jauh disana. Dia kebingungan dalam menggunakan ubuntu, jadi dia ingin menghapusnya. (gampang menyerah nih) hehe
Jika sobat mengalami hal yang sama seperti teman saya, berarti sobat tepat nyasar ke blog sederhana ini.


Oke, sekarang kita masuk ke langkah-langkahnya.

Dalam postingan kali ini saya aka bagi menjadi dua langkah,

Langkah Pertama, adalah untuk menghapus grub ubuntu.


1. Download dulu aplikasi EasyBCD, Download disini, Aplikasi tersebut berguna untuk menghapus grub ubuntu.

2. Instal dan Buka aplikasi tersebut, Lalu klik BCD Deployment, setelah itu klik Write MBR. Setelah selesai silahkan reboot/restart dulu leppi sobat, untk memastikan apakah GRUB Ubuntunya sudah hilang apa belum, jika sudah hilang berarti sobat sudah berhasil menghapus GRUB Ubuntu, dan bisa melanjutkan langkah selanjutnya.


EasyBCD

Jika langkah pertama belum berhasil jangan coba-coba langkah kedua, karena itu akan membuat sobat tidak bisa masuk kewindows.



Nah, sekarang kita masuk ke Langkah ke-2, yaitu langkah untuk menghapus partisi Ubuntu. Langkah ini bisa saya bilang gampang-gampang susah, karena apa? kita salah sedikit saja bisa kehilangan data-data sobat. bagi yang sudah berpengalaman ini bukan sesuatu yang susah, tapi bagi yang memang baru mengenal pemartisian hardisk ini harus diperhatikan.


Sobat Buka aplikasi Disk Management, dengan cara tekan tombol WIN+S, lalu ketikkan Disk Management untuk Windows 8. Untuk windows 7 kebawah, caranya tekan tombol Start, cari Computer, klik kanan terus pilih Manage, lalu plih Disk Management. jika Aplikasinya sudah terbuka, kita lihat disana ada

Partisi C: adalah partisi windows sobat.
partisi D, E, dst.
loh, lalu mana partisi ubuntunya? tenang kita lihat dulu gambar ini.Screenshot (7)


itu adalah foto partisi diwindows saya, jadi silahkan sobat sesuaikan dulu.

Di windows saya partisi ubuntunya gak ada namamya, alias kosong. terus apa yang harus saya lakukan? sobat harus menghapusnya, caranya klik kanan partisi kosong tersebut, lalu pilih delete.


ingat harus tepat memilih partisi, awas jangan sampek salah hapus.

nah sekarang sobat lihat kolom dibawah, muncul Unallocated, berarti anda berhasil menghapus partisi ubuntu.
jika sudah terhapus semua, sekarang klik partisi D atau E, lalu klik kanan dan pilih Shrink Volume, lalu akan muncul windows baru, ikuti petunjuk yang ada lalu klik shrink volume.Screenshot (8)


Sekarang sobat sudah berhasil menghapus ubuntu dari windows sobat.

Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu diluar keinginan.


Mohon maaf, bila penyusunan kata-katanya acak-acakan. semoga tutorial ini bermamfaat.

Sekian dari saya, terimakasih.

Comments

  1. Bagus, pertama menulis artikel sudah memakai anotasi.

    ReplyDelete
  2. Mantap postnya...karena tutorial ini berguna untuk orang² yg tidak bisa beradaptasi dengan linux.

    Sedikit saran, ada tutorial untuk hapus linux dari windows...juga harus ada totur sebaliknya...bagaimana cara hapus windows dari linux...��
    Biar seimbang..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik yang dibicarakan, gunakan kata-kata yang baik dan tidak mengandung sara, p*rn*gr*fi, dan sebagainya. Setiap komentar yang anda kirimkan akan sangat berharga bagi saya. Terimakasih!

Popular posts from this blog

Elforkane, Aplikasi Al Quran Paling Indah Di Ubuntu dan Mint

elforkane Assalamualaikum Wr. Wb Semakin berkembangnya dunia IT, sekarang membaca Al Quran tidak hanya bisa dilakukan di kertas saja, tapi kita bisa membaca Al Quran secara elektronik atau digital yaitu di komputer atau laptop. Oleh karena itu saya akan membagikan aplikasi Al quran yang bernama elforkane aplikasi ini berbasis QT, yang tentunya berjalan mulus diubuntu dan juga aplikasi ini sudah dilengkapi Tafsir dan Terjemah. Agar tidak terlalu penasaran kita lihat dulu tampilannya di atas :) Cara Penginstalan: Masukkan perintah dibawah diterminal sudo add-apt-repository ppa:kovax3/elforkane sudo apt-get update sudo apt-get install elforkane Untuk menambahkan Data-data seperti Terjemah dan tafsir silahkan download dulu datanya DISINI , lalu instal seperti biasa. Untuk menambahkan Audio, silahkan download dulu audionya disini http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en Kemudian kalian ekstrak file audio yang sudah didownload tadi ke folder apa saja, misal saya ekstrak ke /h

Cara Memasang Aplikasi Alquran (Elforkane) di Manjaro dan Arch Linux

Elforkane     Kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial, cara memasang aplikasi Alquran yang bernama Elforkane (Al Furqon) karya Abu Zakaria di manjaro linux atau mungkin juga bisa diterapkan di arch. Sebanarnya untuk anda pengguna debian dan turunan-turunannya akan sangat mudah untuk memasang aplikasi ini, karena paket (.deb) sudah disediakan di sourceforge, berbeda dengan Arch atau manjaro yang tidak disediakan paket installernya langsung, sehingga membutuhkan sedikit perjuangan untuk memasangnya. :D Namun itu bukan suatu masalah yang berarti jika mau sedikit berusaha mencari-cari aplikasinya di situs lain, salah satu situs penyedia aplikasinya untuk manjaro adalah opensuse. Nah, oke cukup curhatnya. Saya akan membagi tutorial ini kedalam 3 bagian. Pertama cara menginstall aplikasinya sendiri. Kedua, cara mengatasi aplikasi tersebut error atau tidak bisa dibuka. Dan yang ketiga, cara memasang terjemahan dan tafsirnya, sehingga nantinya lebih mudah untuk mengetahui

2 Hal yang Menyebabkan Unity Crash atau Error Di Ubuntu 14.04 dan Cara Mengatasinya

Selamat Pagi! Bertemu lagi dengan saya diblog kesayangan ini, hehe. :) Dipostingan kali ini, saya akan sedikit menshare tentang pengalaman saya dalam hal yang berhubungan dengan errornya unity. Sejauh ini, baru 2 sebab yang saya alami dalam hal yang berhubungan dengan error atau crashnya unity dan menurut saya, ini bukan hal yang tidak mungkin terjadi pada pengguna baru diubuntu, Saya sudah 2 kali mengalami crash diubuntu kesayangan ini, karena Unity ini memang rintih salah sedikit bisa crash. Oleh karena itu, saya akan menjelaskan 2 hal umum yang menyebabkan unity error agar pengguna baru lebih waspada dalam menggunakan unity dan tidak mengalami hal yang saya alami. 1. Bermain-main dengan Compiz Config Setting Manager. Jika anda pengguna baru diubuntu dan sudah menginstal aplikasi tersebut, maka berhati-hatilah dalam menggunakannya, salah sedikit anda menyettingnya maka unity anda akan rusak.  Ya memang aplikasi tersebut sangat asyik digunakan diubuntu, karena kita bisa